Obat Tradisional Cina Menjanjikan Untuk Pengobatan Rematik Artritis

Melolo, SP. Sebuah penelitian yang dilakukan Jurnal Kedokteran Inggris (British Medical Journal) menunjukkan bahwa satu jenis obat tradisional dari Cina yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit rematik artritis sama efektifnya dengan obat-obatan medis yang digunakan para dokter. Obat tradisional yang dibuat dari tanaman bernama Latin Triptergium wilfordii Hook F (atau léi gōng téng) tersebut sudah disetujui untuk digunakan para dokter di Cina mengobati rematik artritis.

Penelitian yang dilakukan juga menunjukkan bahwa kombinasi antara pengobatan menggunakan obat tradisional Cina tersebut dengan obat kedokteran modern justru lebih

Triptergium wilfordii Hook f Foto: http://www.asianflora.com/

efektif lagi. Dari 174 orang penderita artritis yang menyelesaikan program pengobatan, 46% pasien yang hanya diberi obat kedokteran modern (methotrexate) mengalami perbaikan, 55% pasien yang diobati menggunakan obat tradisional Cina mengalami perbaikan, dan 78% dari pasien yang diobati dengan campuran obat kedokteran modern dan obat tradisional Cina mengalami perbaikan.

Peneliti mendapati bahwa tanaman Triptergium wilfordii Hook F ini terdapat lebih dari 300 senyawa yang kemungkinan bekerja untuk melawan rematik artritis.

Namun demikian, tampaknya masih perlu ada penelitian lebih lanjut karena waktu yang digunakan untuk pengobatan dan evaluasi kemajuan pasien hanya 24 minggu serta dosis obat moderen yang digunakan lebih rendah daripada rata-rata yang biasa digunakan.

Pertanyannya sekarang adalah kapan obat-batan tradisional dari Sumba diangkat ke laboratorium dan diteliti untuk pengembangan atau penggunaan yang luas? (DAD. SP)

Sumber Informasi: British Medical Journal dan Wikipedia

 

Satu respons untuk “Obat Tradisional Cina Menjanjikan Untuk Pengobatan Rematik Artritis”

Bagaimana komentar anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s