Dana Beasiswa SD APBN 2014 Tahap 1 Sudah ada di BRI?

Jefri atas

Surat Pemberitahuan BSM

Melolo, 30 April 2014. Sp.com Beasiswa SD APBN 2014 Tahap 1 yang menurut beberapa sumber diperjuangkan oleh Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH sebagai anggota Komisi X DPR/MPR-RI Periode 2009-2014 untuk Kabupaten Sumba Timur, sempat menuai masalah, pasalnya orangtua siswa yang telah mendapatkan Surat Pemberitahuan Penerimaan Beasiswa SD APBN 2014 dan hendak mengambil uang dari BRI terdekat terpaksa harus kembali dengan tangan hampa. Padahal dalam surat pemberitahuan  dengan jelas tertulis “sudah dapat di ambil di BRI terdekat.” Hal ini menimbulkan perasaan kesal masyarakat yang akhirnya dilampiaskan kepada Agustina Wila, salah satu calon legislatif DPRD dari Partai Demokrat yang membagikan surat pemberitahuan tersebut.

Agustina Wila pada saat dikonfirmasi sumbapembaharuan.com, membenarkan kalau dirinya sempat menjadi sasaran kekesalan warga. Padahal menurutnya, sesuai petunjuk yang diberitahukan oleh Komisi X DPR/MPR-RI dalam hal ini, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM,MH, dana tersebut sudah ada di BRI.  Namun karena ada satu dan lain hal maka dana tersebut belum bisa dicairkan. Menurutnya, masyarakat tidak perlu panik karena dana tersebut tetap akan diterima oleh siswa yang namanya sudah tercantum sebagai siswa penerima beasiswa tersebut.

Jefri bawahDr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM,MH kepada media sumbapembaharuan.com ketika dihubungi via telepon selurernya, menjelaskan kalau dana tersebut sudah ada di BRI, dan siap dicairkan. “Beasiswa yang diberikan kepada siswa-siswi itu bukan dana pribadi kami (Red, Jefri) atau pun dana dari Partai, melainkan dana APBN. Kami hanya sebatas mengusulkan saja ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Setelah disetujui lewat keputusan Komisi X DPR/MPR-RI, kami melakukan pemberitahuan kepada masyarakat dengan tujuan agar anak-anak penerima beasiswa mengetahui nama-nama yang telah diutus oleh partai dan disetujui oleh pemerintah sebagai penerima dana beasiswa, dan bahwa yang memperjuangkannya adalah kami (Red, Jefri) yang duduk di komisi X DPR/MPR-RI,” papar Jefri.

“Hal ini merupakan perwujudan dari UU no 27 Tahun 2009 yang menuntut anggota legislatif memperjuangkan Dapilnya, dan kami hanya melakukannya. Nama-nama penerima beasiswa tersebut sudah diberikan ke BRI dan tinggal mekanisme pencairannya saja yang harus dipertanyakan ke BRI,” jelas Jefri.

Kepala Cabang BRI Waingapu, ketika ditemui media ini di ruang kerjanya membenarkan kalau dana Beasiswa SD APBN 2014 sudah ada di BRI dan siap diambil. Namun ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk pencairannya diantaranya: Surat Keterangan dari Sekolah yang bersangkutan dengan mengetahui Kepala Bidang TK/SD; fotokopi biodata siswa di Rapor yang berpasfoto; dan fotokopi KTP orang tua. Informasi yang sama juga diperoleh dari salah seorang karyawan BRI bagian Informasi.

Namun demikian, media ini tidak dapat menemui Yusuf Waluwandja, SH, Kepala Dinas PPO Kabupaten Sumba Timur dan Thomas Mara Khe, S.Pd Kepala Bidang TK/SD di Dinas PPO Kabupaten Sumba Timur, untuk mendapatkan kejelasan tentang hal ini dan tentang apakah sudah ada daftar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait dana BSM, karena keduanya berada di luar daerah. MP. Sp.com

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Bagaimana komentar anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s