Kopi Mencegah Kerusakan Mata

Bagi anda yang penggemar kopi, hasil penelitian ini mungkin merupakan kabar gembira. Sebuah penelitian yang dilakukan di Cornel University mengindikasikan bahwa kopi dapat menghindarkan orang dari kerusakan mata akibat penuaan, glaukoma, dan diabetes.

Selain kafein, kopi mengandung zat yang disebut Asam Klorogenik yang mampu menghalangi kerusakan pada retina mata. Retina mata merupakan bagian mata tempat terbentuknya bayangan dari obyek atau benda yang sedang kita lihat. Kerusakan pada bagian mata ini mengakibatkan kehilangan kemampuan melihat.

Percobaan pada tikus menunjukkan bahwa retina mata tikus yang diberi Asam Klorogenik tidak mengalami kerusakan walaupun diberi oksida nitrat. Dalam keadaan normal, pemberian oksida nitrat akan mengakibatkan kerusakan pada retina. Namun dengan pemberian Asam Klorogenik, kerusakan itu tidak terjadi.

Namun demikian, jangan terburu-buru untuk mengkonsumsi kopi dulu untuk mencegah kerusakan mata. Saat ini belum diketahui apakah dengan meminum kopi Asam Klorogenik yang dikandungnya dapat masuk sampai ke retina. Jika mampu, maka ada kemungkinan bahwa satu hari nanti para dokter akan memberi resep berupa minuman kopi untuk mencegah kerusakan mata.

Studi yang dilakukan sebelumnya menunjukkan bahwa kopi dapat mengurangi risiko penyakit Parkinson, kanker prostat, diabetes, Alzheimer, dan penyakit kognitif yang diakibatkan karena usia. (DAD, sp.com)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Sains dan Teknologi. Tandai permalink.

Bagaimana komentar anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s