Plastik yang Bisa ‘Sembuh’ dari ‘Luka’

Melolo, 12 Mei 2014. SP.com Kalau selama ini para pembaca berpandangan bahwa hanya tubuh makhluk hidup yang mampu untuk pulih dari luka atau goresan, sudah saatnya anda meninggalkan pandangan tersebut. Para pakar dari salah satu laboratorium di University of Illinois, Amerika Serikat telah berhasil menciptakan plastik yang dapat pulih dari kerusakan, seperti halnya tubuh yang dapat pulih dari luka. Kalau sebelum hasil penelitian ini plastik hanya dapat pulih kalau mengalami kerusakan pada tingkat molekul yang tidak kasa mata, hasil eksperimen terbaru mampu menciptakan plastik yang dapat pulih pada tingkat yang dapat dilihat.

Bahan plastik yang dalam proses penyembuhan. Sumber: http://news.illinois.edu/news/14/0508plastic_ScottWhite_JeffryMoore_NancySottos.html

Bahan plastik yang dalam proses penyembuhan. Sumber

Seandainya anda menggunakan plastik sejenis itu untuk bumper mobil dan mobil anda mengalami kecelakaan, dalam hitungan menit bumper tersebut akan pulih kembali seperti sediakala. Namun bahan ini bukan hanya berpotensi digunakan pada barang-barang komersial seperti itu, tetapi juga pada barang-barang yang sulit diganti atau diperbaiki seperti barang-barang yang digunakan di pesawat luar angkasa. Mungkin plastik ini juga berpotensi membantu mengurangi jumlah sampah plastik.    

Tim peneliti dipimpin oleh professor Scott White, dan tediri dari dua profesor Jeffry S. Moore dan Nancy Sottos serta dua mahasiswa tingkat lanjut Brett Krull, Windy Santa Cruz dan Ryan Gergely. Hasil kerja mereka dilaporkan di Jurnal Science,Edisi 9 Mei 2014.

“Kami berhasil mendemonstrasikan perbaikan sistem bahan tidak hidup sintetis yang mirip dengan perbaikan dan pertumbuhan ulang yang terjadi dalam sistem yang hidup,” kata Moore, seorang profesor kimia.

“Untuk pertama kalinya kami telah menunjukkan bahwa kita dapat meregenerasi bahan-bahan yang hilang. Itu yang tidak terbayangkan sebelumnya,” ujar White. “Sebelum ini, jika anda memotong satu bahan maka bagian yang terpotong akan hilang. [Namun] Kami tunjukkan bahwa bahan [yang tersisa] dapat bertumbuh kembali [menggantikan yang terpotong].”

Keterangan dari situs University of Illinois tidak menyebutkan berapa kali plastik bisa memulihkan diri sendiri. Hanya disebutkan bahwa dengan teknik tertentu plastik tersebut dapat memulihkan diri sendiri selama beberapa kali. (DAD, sp.com)

Diadaptasi dari pernyataan resmi situs University of Illinois

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita, Sains dan Teknologi. Tandai permalink.

Bagaimana komentar anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s