Potensi Wisata Mancing di Embung Lailangu

Gambar 1Melolo. 25 Mei 2014. Embung Lailangu berada di Desa Hanggaroru, Kecamatan Rindi, Kabaupaten Sumba Timur, dimulai proses pekerjaannya pada 4 Februari 2014 dengan waktu pelaksanaan 210 hari kalender, waktu pemeliharaan 180 hari kalender. Proses pengerjaannya dilakukan oleh pelaksana CV. Citra Intan Perdana dengan sumber dana dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Dari hasil pantauan media online sumbapembaharuan.com, embung ini sangat berpotensi sebagai objek wisata, dimana genagan air hujan yang berhasil ditampung oleh embung tersebut cukup luas, belum lagi ada tambahan debit air dari sumber mata air yang dihasilkan oleh tampungan air pada embung tersebut.

Gambar 2

Mandja Ngundju Hau, Kades

Mandja Ngundju Hau, sebagai seorang Tokoh masyarakat sekaligus sebagai Kepala Desa Hanggaroru, kepada sumbapembaharuan.com menyampaikan keinginannya untuk menjadikan Embung Lailangu sebagai obejek wisata, dan membuka peluang bagi siapa saja untuk mengunjungi area embung tersebut. Apalagi menurut Mandja, banyak jenis ikan air tawar yang dikembangkan di area Embung Lailangu, mulai dari ikan nila merah, ikan mas, dan ikan mujair, sehingga pagi peminat pancing ikan air tawar boleh memancing di area Embung. Pengunjung yang memancing harus membayar biaya masuk sebesar Rp 20.000,-/ orang tak peduli dia mendapat hasil tangkapan atau tidak.

Gambar 3

Embung Lailangu

Menurut Mandja, hal ini dibuat agar Desa Hanggaroru di kemudian hari bisa mendapat dana untuk memperindah area Embung. Mandja juga sangat mengharapkan ada pihak Dinas terkait dalam hal ini Dinas Parawista Kabupaten Sumba Timur, untuk ambil peduli terhadap potensi Wisata tersebut, misalnya dengan membantu dana untuk membuat rumah payung, sebagai tempat berteduh bagi para pengunjungnya. MR. SP

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita, Pariwisata. Tandai permalink.

Bagaimana komentar anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s