Hujan Abu Melanda Umalulu

Ilustrasi debu vilkanik Sumber: http://www.beritakendal.com/

Melolo, 31 Mei 2014. Hujan abu yang diduga abu vulkanik dari letusan gunung berapi melanda Kecamatan Umalulu dan sekitarnya akhir-akhir ini. Banyak warga merasa resah akan kejadian tersebut karena menurut mereka, abu vulkanik sangat mengganggu pernapasan, terutama bila sedang mengendarai kendaraan bermotor. Menurut warga setempat, dampak yang diberikan antara lain susah bernafas dan mata cepat perih karena kemasukan debu.

Rambu, salah seorang warga Desa Matawai Atu, kecamatan Umalulu kepada media ini menjelaskan kalau sudah dua hari ini ketika bangun pagi di pelataran rumahnya penuh dengan debu seperti debu semen, padahal ia tidak pernah membeli semen.

Aser K. Landu juga menuturkan hal yang sama. Menurutnya pemerintah setempat perlu segera memberikan himbauan kepada warga untuk menggunakan masker apabila bepergian dengan kendaraan bermotor, karena abu sangat mengganggu pernafasan.

Namun tidak sedikit juga warga yang masah bodoh, karena mereka tidak tahu apa dampak dari menghirup abu tersebut, demikian warga.

Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora, M.Si, ketika dihubungi via telepon dan diinformasikan terkait kejadian dugaan abu vulkanik tersebut, mengaku berada di Kupang dan menjelaskan kalau informasi tersebut sudah didengarnya sejak semalam. Menurutnya abu tersebut berasal dari letusan gunung berapi Sanggie (Sangiang, red) dari Bima-Nusa Tenggara Barat. Ketika ditanya apakah Pemerintah bersedia menyediakan “masker” buat warga, Gidion menjawab bahwa Pemerintah tidak memiliki stok masker. Namun pihaknya “sedang mengusahakan [agar] masker di toko-toko dan apotik dibagikan [ke masyarakat].”

Sementara itu, masyarakat sangat mengharapkan agar dukungan dari Pemerintah Daerah tersebut segera dapat direalisasikan. PM

Bagaimana komentar anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s