Alat Bantu Keamanan Peralatan Terhubung Internet

Ilustrasi keamanan komputer. Sumber: http://www.ikeepsafe.org/

Ilustrasi keamanan komputer. Sumber: http://www.ikeepsafe.org/

Melolo. 9 Juni 2014. Pernah membayangkan bahwa semua peralatan yang anda miliki saling terhubung satu dengan yang lain? Pernah membayangkan bahwa anda dapat mengendalikan televisi di rumah saat anda berada dalam perjalanan jauh dengan mobil? Atau menyalakan atau memadamkan lampu atau kompor atau kulkas di rumah menggunakan HP ketika anda berada jauh dari rumah? Di masa depan, kemungkinan besar teknologi seperti ini yang akan kita gunakan. Saat ini sudah ada dorongan besar untuk menjadikan teknologi seperti itu tersedia. Teknologi seperti ini difasilitasi oleh komputer mikro yang dibangun pada alat-alat yang saling terhubung serta koneksi internet. Teknologi seperti ini disebut Internet of Things. 

Namun, untuk mewujudkan hal itu harus dipastikan bahwa keamanan alat-alat yang saling terhubung tersebut terjamin. Kalau tidak terjamin, maka kemungkinan akan terjadi kecelakaan sangat tinggi. Mobil yang anda kendarai misalnya dapat saja bergerak ke arah yang anda tidak kehendaki atau meledak karena ada orang yang berhasil menyusup ke dalam sistem komputer alat anda. Peralatan medis yang digunakan dokterpun bisa justeru membunuh pasien dan bukan menyembuhkannya.

Berita pers dari UCSD Jacobs School of Engineering mengungkap bahwa pakar computer di lembaga tersebut sedang mengembangkan perangkat yang memampukan perancang peralatan untuk menguji keamanan alat-alat yang dibuatnya. Perangkat seperti ini merupakan perangkat pertama yang pernah diciptakan.

“Biasanya para ahli merancang peralatan agar beroperasi cepat dan menggunakan sesedikit mungkin energi,” ujar Jonathan Valamehr, penaliti pasca doctoral pada Department of Computer Science and Engineering di UC San Diego. “Seringkali mereka tidak meracang alat dengan mempertimbangkan keamananannya.”

Perangkat yang dikembangkan akan mampu mencegah informasi rahasia dalam alat tidak terdeteksi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Valamehr, Kastner, dan kandidat doctor Jason Oberg mendirikan sebuah perusahaan bernama Tortuga Logic untuk mengkomersilkan teknologi tersebut. Perusahaan tersebut bekerja sama dengan dua perusahaan semikonduktor Utama di dunia. Langkah berikut yang akan mereka ambil adalah memusatkan perhatian pada peralatan medis, komputer pada mobil, dan aplikasi militer. DAD

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita, Sains dan Teknologi. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Alat Bantu Keamanan Peralatan Terhubung Internet

  1. DamarisSR berkata:

    Saya sangat senang dengan kemajuan teknologi..apalagi kalau semua rencana bisa berhasil.kita akan di permudahkan dalam melakukan apa saja.tapi masih ada kendalax.khususx di kota melolo,listrik sering mati dan jaringan internetx lambat banget.kadang sampai hilang berhari2….mw pasang network,g ada…mw internet lewat wifi g bisa juga..bagi pihak yang bersangkutan,tolong perhatikan melolo..terimakasih

Bagaimana komentar anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s