Molekul dari Jamur Berpotensi Mengatasi Kekebalan Penyakit Terhadap Antibiotika

Sumber gambar: www.who.int

Sumber gambar: http://www.who.int

Melolo, 27 Juni 2014. Masalah kekebalan bibit penyakit terhadap obat-obatan merupakan salah satu masalah menahun. Satu obat ditemukan untuk penyakit tertentu, namun beberapa tahun kemudian penyakit tersebut sudah tidak dapat disembuhkan dengan obat yang ditemukan. Di Indonesia Timur (termasuk Sumba) misalnya penyakit malaria sudah kebal terhadap obat-obatan yang selama ini lazim digunakan yaitu Kloroquin dan Sulfadoksin.

“Kekebalan terhadap antibiotika mungkin merupakan masalah yang paling penting sekaligus membingungkan untuk diselesaikan yang dihadapi peneliti bidang kesehatan saat ini,” kata Dr. John Kelton, Dekan padaMichael G. DeGroote School of Medicine dan Wakil Dekan pada Faculty of Health Sciences at McMaster.

Namun demikian, baru-baru ini tim peneliti dari McMaster University, Kanada, menemukan molekul yang berpotensi memerangi masalah kekebalan penyakit. Molekul yang dikenal dengan singkatan AMA tersebut diderivasi dari jamur yang tumbuh di Provinsi Nova Scotia, Kanada dan mampu menjinakkan sebuah gen utama yang mengatur kekebalan kuman terhadap antibiotika. Gen tersebut dikenal dengan nama NDM-1 atau New Delhi Metallo-beta-Lactamase-1.

“Gen ini adalah musuh nomor 1,” jelas Gerry Wright, direktur Michael G. DeGroote Institute for Infectious Disease Research di McMaster University.

“Gen ini tidak jelas asal-usulnya, namun sudah menyebar kemana-mana dan pada dasarnya menghabiskan sumber daya antibiotika terakhir yang kita miliki, untuk mengobati infeksi serius,” lanjut Gerry.

Molekul yang ditemukan ini telah diujicoba pada tikus dan tikus yang diberikan AMA sekaligus antibiotika selamat dan bertahan hidup, sedangkan tikus yang hanya diberikan antibiotika atau AMA tidak dapat bertahan hidup.

“Penelitian ini memberikan harapan baru karena menawarkan pendekatan baru terhadap masalah [kekebalan terhadap antibiotika] ini,” kata Dr. John Kelton. (DAD)

Berita disadur dari Situs Resmi MacMaster University.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita, Sains dan Teknologi. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Molekul dari Jamur Berpotensi Mengatasi Kekebalan Penyakit Terhadap Antibiotika

  1. DamarisSR berkata:

    Semoga dengan di temukan molekul jamur tersebut,dunia akan terbebas dari malaria……hidup sehat sejahtera,amin…….

Bagaimana komentar anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s