Ukuran Pupil Mata Beri Petunjuk Seberapa Dapat Diandalkan Keputusan

Melolo, 19 September 2014. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Peter Murphy dan rekan-rekan dari Leiden University menunjukkan bahwa ada hubungan antara seberapa dapat diandalkan keputusan yang seseorang ambil dengan ukuran pupil mata saat keputusan tersebut diambil.

Gambar Pupil Mata Sumber: http://lisadarmansah.blogspot.com/

Pengukuran yang dilakukan terhadap pupil mata 26 orang relawan yang diminta untuk melakukan pengambilan keputusan saat dilakukan penelitian menunjukkan bahwa semakin besar ukuran pupil mata saat mengambil keputusan, maka semakin tidak dapat diandalkan keputusan yang diambil dan kinerja pelaksanaan tugas berdasarkan keputusan tersebut pun semakin rendah. Beberapa orang yang memiliki ukuran pupil yang paling besar cenderung menjadi orang yang paling tidak konsisten dengan keputusan mereka.

Dr. Murphy menjelaskan, “kita terus-menerus perlu mengambil keputusan tentang dunia dimana kits hidup. Para peneliti telah lama mengetahui bahwa keakuratan dan keterandalan keputusan yang diambil dalam kehidupan sehari-hari bisa sangat bervariasi antar pribadi, namun hanya sedikit yang kits ketahui alasan di balik variasi tersebut. Dalam studi ini kita menunjukkan seberapa tepat dan dapat diandalkan seorang membuat keputusan dapat diprediksi dengan mengukur pupilnya. Dengan demikian, penelitian-penelitian ini mengindikasikan bahwa keterhandalan keputusan yang akan orang ambil sebagiannya ditentukan oleh rangsangan-rangsangan yang terkait dengan pupil mata dan yang berpotensi ditentukan dengan cepat. Informasi ini data digunakan di masa depan untuk meningkatkan keseksamaan dalam pengambilan keputusan.”

Jadi mungkin lain kali anda berhadapan dengan pimpinan anda, anda mungkin dapat mengetahu dapat diandalkan atau tidaknya keputusan yang dia ambil. DAD

Disadur dari situs PLOS: http://www.ploscompbiol.org/article/info%3Adoi%2F10.1371%2Fjournal.pcbi.1003854

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita, Sains dan Teknologi. Tandai permalink.

Bagaimana komentar anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s