Keterpisahan dari Telepon Seluler Turunkan Kinerja

iPhone

Melolo, 13 Januari 2014. Apa yang terjadi ketika anda dipisahkan/dijauhkan dengan HP anda? Bagi kita yang di daerah seperti di Sumba, mungkin pengaruhnya tidak terlalu terasa. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Missouri, Amerika Serikat menunjukkan bahwa pengaruh terpisahnya pengguna iPhone dengan iPhonenya cukup berat bagi pengguna.

Russell Clayton, kandidat doktor pada MU School of Journalism dan penulis utama penelitian tersebut mengatakan, “Temuan kami mengindikasikan bahwa perpisahan dengan iPhone berdampak negative terhadap pelaksanaan tugas-tugas yang berhubungan dengan aktivitas mental.”

“Di samping itu, hasil studi ini mengindikasikan bahwa iPhone bisa menjadi bagian dari diri pengguna, sedemikian rupa sehingga terpisah, maka pengguna mengalami kehilangan sebagian dari diri dan kondisi psikologis yang negatif.”

Clayton, bersama dengan Glenn Leshner, mantan profesor di MU yang sekarang bekerja di University of Oklahoma, dan Anthony Almond mahasiswa doktoral pada Indiana University-Bloomington, mendapati bahwa ketika pengguna iPhone tidak bisa menjawab deringan iPhone mereka saat mengerjakan teka-teki sederhana, denyut jantung serta tekanan darahnya meninggi. Demikian pula kecemasan serta rasa ketidaknyamanan meningkat. Jumlah kata yang ditemukan dalam permainan menyusun kata lebih rendah daripada ketika iPhone berada dalam jangkauan.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda juga mengalami hal yang sama dengan mereka yang menjadi subyek dalam penelitian ini? DAD

Disadur dari press release yang dikeluarkan University of Missoury dan disebarkan Science Daily.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita, Sains dan Teknologi. Tandai permalink.

Bagaimana komentar anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s