Cabut Rambut Atasi Kebotakan

Gene-Therapy-Cure-For-BaldnessMelolo, 10 April 2015. Rambut umumnya dianggap sebagai mahkota, baik pada pria maupun wanita, walaupun saat ini tidak sedikit orang yang karena satu dan lain hal sengaja membotakkan kepala. Namun pada umur tertentu, kaum pria biasanya mengalami kerontokan rambut yang hebat sehingga mengakibatkan kebotakan. Masalah ini sudah ada sejak lama dan ada berbagai cara yang diklaim mampu mengatasi masalah kebotakan. Cara terbaru yang mungkin dapat mengatasi masalah kebotakan adalah dengan mencabut rambut mengikuti pola tertentu.

Sebuah penelitian yang dilakukan sejumlah pakar di bawah pimpinan Chih-Chiang Chen, yang hasilnya diterbitkan di Cell, yaitu salah satu jurnal ilmu pengetahuan ternama, menunjukkan bahwa dengan mencabut 200 helai rambut sesuai dengan pola tertentu, akan mengakibatkan tumbuhnya 1.200 helai rambut pengganti.

Tim yang dipimpin Chen melakukan percobaan pada tikus dengan cara mencabut 200 helai rambut/bulu satu per satu pada bagian belakang tikus dengan berbagai pola. Ketika mencabut rambut daerah dalam bidang berdiameter 6 milimeter, maka tidak ada penambahan rambut. Namun ketika dilakukan pencabutan lebih banyak rambut dalam daerah berdiameter 3 sampai 5 milimeter, maka akan menumbuhkan antara 350 sampai 1.300 helai rambut, termasuk di luar daerah pencabutan.

Tim peneliti ini mendapati bahwa kantung-kantung/folikel rambut yang tercabut ini mengirim sinyal bahaya dengan cara mengeluarkan protein peradangan yang akan mengumpulkan sel kekebalan tubuh di sekitar rumbut yang tercabut. Sel-sel ini kemudian mengeluarkan sinyal berupa molekul tertentu (seperti tumor necrosis factor alpha atau TNF-α), yang pada tingkat konsentrasi tertentu memerintahkan folikel rambut yang tercabut dan yang belum tercabut untuk menumbuhkan rambut.

“Penelitian ini berimplikasi bahwa hal serupa kemungkinan terjadi dalam proses fisiologis atau patogenis organ-organ lain, walaupun hal itu tidak mudah diamati seperti halnya pada penumbuhan rambut,” ujar Chuong.

Ayo, siapa yang mau buat terapi cabut rambut untuk menumbuhkan rambut? (DAD)

Tulisan di atas disadur press release dari University of Southern California – Health Sciences

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita, Sains dan Teknologi. Tandai permalink.

Bagaimana komentar anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s