Alkohol Berat Saat Remaja Berpengaruh Buruk Sampai Dewasa

Melolo, 29 April 2015. Penggunaan alkohol dalam minuman selalu menjadi kontroversi. Di beberapa provinsi di Indonesia, peredaran bir saja dibatasi.

33F838E3-95F4-49FD-A17A02EA705E7984

Rumus Kimia Etanol (jenis alkohol yang biasa dikonsumsi)

Sebuah penelitian yang dilakukan di Duke University menunjukkan bahwa remaja yang berulang-ulang mengkonsumsi (terpapar) alkohol mengalami ketidaknormalan perkembangan bagian otak yang mengendalikan pembelajaran dan ingatan. Hasil penelitian tersebut diterbitkan dalam Jurnal Alcoholism: Clinical & Experimental Research, edisi 27 April 2015.

Konsumsi berulang alkohol yang banyak pada masa remaja yaitu pada saat otak masih belum berkembang secara penuh, akan mengakibatkan gangguan pertumbuhan otak. Hasil penelitian tersebut disimpulkan dari eksperimen yang dilakukan terhadap tikus (untuk menggantikan manusia). Tikus yang berada pada umur yang setara dengan remaja pada manusia berulang kali secara teratur diberikan alkohol dengan jumlah yang merusak. Setelah itu, tikus-tikus ini dibiarkan tumbuh sampai dewasa tanpa diberi alkohol lagi. Tikus-tikus yang mendapat perlakuan tersebut ternyata mengalami gangguan pada bagian yang mengendalikan pembelajaran.

“Dari segi hukum, pada saat orang mencapai usia 18 tahun, mereka dianggap telah dewasa. Namun demikian otaknya masih terus bertumbuh menjadi dewasa pada pertengahan umur 20-an tahun,” ungkap peneliti utama Mary-Louise Risher, Ph.D., seorang peneliti pasca doktoral di Duke Department of Psychiatry and Behavioral Sciences. “Adalah penting bagi orang muda untuk mengetahui bahwa ketika mereka terlalu banyak minum selama masa pertumbuhan ini, maka bisa terjadi perubahan yang memiliki dampak buruk jangka panjang terhadap fungsi-fungsi ingatan dan kognitif lainnya,” lanjut Mary. Namun demikian, belum diketahui bagaimana manifestasi kerusakan-kerusakan ini pada tingkat sel dari bagian otak yang dikenal dengan nama hippocampus, yaitu tempat dikendalikannya ingatan/memori dan pembelajaran. DAD

Berita disadur dari Sciencedaily berdasarkan bahan dari Duke University Medical Center

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita, Sains dan Teknologi. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Alkohol Berat Saat Remaja Berpengaruh Buruk Sampai Dewasa

Bagaimana komentar anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s