Kades Mutunggeding, Sumba Timur, Baru Belajar Berkuasa

Melolo, 6 Mei 2015. “KALAU seorang Kepala Desa yang berbuat semu gue dan merampas apa yang menjadi hak rakyat, serta tidak mamahami apa yang menjadi hak dan kewajibannya, itu sama saja dengan saja dengan watak seorang pencuri,” kata Hanis, Warga Kecamatan Umalulu. Ia mengkhawatirkan bahwa Alokasi Dana Desa yang diperuntukan bagi rakyatnya akan disalahgunakan, karena anggapan bahwa yang dibuat Kepala Desa pasti untuk kepentingan umum.

MR, juga salah seorang warga Kecamatan Umalulu, kepada media ini menuturkan bahwa Kepala Desa Mutunggeding Waluwanja Dammung Matalu diduga mempunyai watak kurang bagus karena terlalu arogan dan tidak bisa membedakan antara hak dan kewajibannya. Hal ini terkait dengan apa yang dilakukannya baru-baru ini menyangkut pengambilaihan tanah warga untuk dijadikan jalan. Kepala Desa ini diduga sama sekali tidak menghiraukan warga pemilik tanah, walaupun tanah milik warga tersebut bersertifikat hak milik dengan kewajiban membayar pajak yang baik. Hal ini dikakukannya berdasarkan asumsi bahwa ini untuk kepentingan umum, padahal sebenarnya warga hanya menginginkan pihak pemerintah, entah pemerintah desa, kecamatan, maupun Kabupaten untuk melakukan pengukuran ulang dan merubah sertifikat yang terkena lokasi jalan tersebut, sehingga masyarakat jangan dibebankan pembayaran pajak yang bukan lagi merupakan kewajibannya.

Kades Mutunggeding, Wuluwanja Dammung Matalu atau yang biasa disapa Wawan Matalu, ketika media ini mengkonfirmasi, mempersilahkan media ini untuk melapor kemana saja karena apa yang dilakukan pihaknya adalah untuk kepentingan umum. Padahal media ini hanya menanyakan kira-kira sejauh mana peran pihak pemerintah dalam menangani permintaan warga terkait pembebasan lahan tersebut. Wawan mengatakan “Itu bukan urusan saya, siapa yang punya tanah silakan urus sendiri sertifkatnya.” Menurut warga setempat, Wawan sempat menurunkan masa untuk bertindak anarkis apabila ada warga pemilik tanah yang menghalangi niatnya.

Menurut warga, tindakan tersebut mengindikasikan betapa kerdilnya Wawan dalam menyelesaikan suatu masalah di dalam desanya. Hal senada juga diungkapkan, Ir. Umbu Mangganna, M.Si saat ditemui media ini lewat telepon selulernya terkait permasalahan tersebut. Umbu Mangganna prihatin dengan keadaan tersebut. “Kasian juga dia (Wawan Matalu, red) namanya juga Kepala Desa yang baru belajar berkuasa,” ujarnya.

Menurut beberapa sumber, kebrutalannya ini diduga didukung oleh Satuan Pol-PP Kecamatan Umalulu yang dinahkodai oleh Benyamin Kila. Menurut warga, Benyamin Kila juga yang memberikan perintah untuk melaksanakan pekerjaan tersebut, karena Camat Umalulu yang diduga awal memberikan perintah, ternyata tidak tahu menahu dengan kejadian tersebut karena berada di Waingapu. Camat Umalulu, WELEM D. DJ. DALE, SP, saat ditemui media ini, menjelaskan bahwa ia sama sekali tidak pernah memberikan perintah kepada Benyamin Kila terkait dengan pekerjaan jalan tersebut, dan menurutnya tindakan Benyamin Kila tersebut di luar tanggung jawabnya sebagai Camat Umalulu.

Kapolsek Umalulu IPDA Putu Pariada, ketika ditemui media ini terkait proses pekerjaan jalan yang tidak mengindahkan pemilik tanah tersebut, segera menghubungi Kades Mutunggeding Wawan Matalu untuk menghentikan sementara proses pekerjaan jalan tersebut, guna mencari kata sepakat dengan pemilik tanah. Namun sayang, permintaan dan saran Kapolsek tersebut tidak diindahkan oleh Wawan Matalu. Justru menurut warga setempat, masa yang di mobilisasi oleh Wawan Matalu mengaku tak segan-segan bertindak anarkis apabila ada polisi atau tentara yang melarangnya. PM, SP

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita, Hukum & Kriminal. Tandai permalink.

Bagaimana komentar anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s