Hati-Hati Menafsirkan Angka Statistik

Melolo, 19 Juni 2015. Salah satu analisa statistik yang dilakukan terhadap dua rangkaian data  dikenal dengan analisa korelasi. Analisa korelasi menunjukkan eratnya hubungan antara dua variabel atau dua hal. Sebagai contoh, ada korelasi yang erat antara suhu dan peningkatan proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang berhijau daun (yang dikenal dengan proses fotosintesa). Semakin tinggi suhu, maka proses fotosintesa meningkat dan peningkatan berhenti pada titik tertentu. Pada titik itu, jika suhu ditingkatkan lagi, maka fotosintesis akan melambat dan akhirnya berhenti. Contoh hubungan korelasi yang lain adalah semakin banyak waktu yang seorang gunakan untuk bekerja, maka semakin sedikit waktu yang digunakan untuk bermain.

Untuk menilai kuat dan lemahnya hubungan korelasi, digunakan sebuah angka yang disebut Koefisien Korelasi. Nilai terendah dari korelasi adalah -1 dan nilai tertingginya adalah 1. Semakin nilai Koefisien Korelasi mendekati -1 atau +1, maka hubungan antara dua hal semakin erat. Namun demikian, ada banyak kasus dimana nilai Koefisien Korelasi mendekati -1 atau +1, tetapi dua variable tidak saling berhubungan (sejauh yang kita ketahui). Sebuah situs di internet (http://tylervigen.com/spurious-correlations) mengungkap ratusan atau mungkin ribuan kasus dimana tingginya korelasi antara dua hal tidak berarti bahwa kedua hal yang berkorelasi memiliki hubungan erat.

Beberapa hubungan korelasi yang ditampilkan di halaman depan website tersebut antara lain adalah:

  1. Belanja Negara Amerika Serikat untuk sains, kegiatan luar angkasa, dan teknologi memiliki korelasi yang tinggi dengan bunuh diri akibat gantung diri, mencekik diri sendiri, dan menyumbat pernapasan sendiri di Amerika Serikat. Nilai koefisiennya adalah 0,998. Semakin tinggi belanja negara Amerika dalam untuk sains, kegiatan luar angkasa, dan teknologi, maka semakin tinggi pula tingkat kematian akibat gantung diri, mencekik diri sendiri, dan menyumbat pernapasan sendiri.
  2. Jumlah impor minyak mentah Amerika Serikat dari Norwegia memiliki korelasi yang tinggi dengan sopir yang meninggal akibat tabrakan dengan kereta api di Amerika Serikat. Nilai koefisien korelasinya adalah 0,955. Semakin tinggi impor minyak mentah Amerika Serikat dari Norwegia, maka semakin tinggi pula jumlah sopir yang meninggal akibat tabrakan dengan kereta api di Amerika Serikat.
  3. Jumlah gelar doktor yang diberikan oleh perguruan Tinggi di Amerika Serikat memiliki tingkat korelasi yang tinggi dengan jumlah Uranium yang tersimpan di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Amerika.

Penelusuran lebih lanjut di website tersebut menunjukkan contoh korelasi lain yang tinggi tetapi dua hal yang dibandingkan tidak memiliki hubungan. Contoh

  1. Jumlah uang yang dibelanjakan untuk binatang piaraan di Amerika Serikat memiliki korelasi tinggi, yaitu 0.991, dengan jumlah minyak yang diimpor Amerika Serikat dari Kanada.
  2. Jumlah uang yang dibelanjakan untuk binatang piaraan di Amerika Serikat memiliki korelasi sebesar 0.9918 dengan jumlah pengacara di Negara Bagian California, Amerika Serikat.
  3. Ada korelasi yang tinggi antara konsumsi ayam per kapita per tahun di Amerika Serikat dengan jumlah kunjungan tahunan ke fasilitas hiburan Visitors to Universal Orlandos Islands of Adventure.

Bagi anda yang tertarik dan paham statistik mungkin dapat mencoba menunjukkan korelasi antara hal-hal yang tidak saling berhubungan yang ada di Indonesia, di NTT, atau di Sumba. Data-data yang ditampilkan website di atas sebagian besar data tentang Amerika Serikat. Selamat Mencoba! SP Humor.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Humor, Sains dan Teknologi dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Bagaimana komentar anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s