Pakar Harvard Menyimpan Film dalam DNA

DNA

Ilustrasi DNA. Sumber: http://www.extremetech.com/

Melolo, 25 Agustus 2015. Media penyimpanan film mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Dimulai dengan penyimpanan pada pita seluloid yang mudah terbakar rusak dari tahun 1890 – 1951 sampai sekarang ada CD, DVD, dan Blueray, serta M-Disc. Media penyimpanan yang ada sekarang sudah jauh lebih baik dibanding media penyimpanan sebelumnya. M-Disk misalnya diklaim bisa bertahan sampai 1000 tahun, sedangkan CD dan DVD bisa bertahan sampai 10 tahun.

Namun demikian, baru-baru ini Global Post memberitakan tentang seorang pakar dari Universitas Harvard, Amerika Serikat, bernama Dr. George Church yang sedang berupaya menyimpan sebuah film dalam DNA. DNA adalah bahan dalam inti sel tubuh anda (dan tubuh makhluk hidup lainnya) yang meneruskan informasi sifat menurun dari orang tua kepada keturunan berikutnya. Namun demikian, DNA yang digunakan oleh George Church tidak langsung diambil dari tubuh makhluk hidup, tetap DNA yang sudah diproses sehingga lebih padat dan lebih tangguh dan cocok untuk menyimpan lebih banyak informasi.

Dibanding dengan media penyimpanan konvensional, DNA memiliki keuntungan karena dapat meyimpan lebih banyak data. Satu gram DNA saja bisa menyimpan 700 terabyte data, atau sekitar 700 harddisk yang berkapasitas 1 terabyte. Di samping itu, media penyimpanan itu juga bisa bertahan lama. Diberitakan bahwa dalam lingkungan normal, media penyimpanan ini bisa bertahan sampai 700 ribu tahu. Dengan perlindungan maksimal, media ini dapat bertaham sampai 1 juta tahun.

Sebelum menjalankan proyek penyimpanan film ini, pada tahun 2012, George Church berhasil menyimpan 700 terabyte data di dalam 1 gram DNA dan menciptakan semacan robot anti kanker nano dari DNA serta robot pendeteksi materi hitam. Dalam proyek kali ini, dia akan menyimpan “A Trip to the Moon”, sebuah film bisu Perancis yang diproduksi tahun 1902.

Namun, George mengingatkan bahwa teknologi ini belum siap untuk menggantikan DVD atau CD anda di rumah, tetapi dalam waktu dekat ini hanya untuk digunakan media pengarsipan. DAD

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Sains dan Teknologi dan tag , , . Tandai permalink.

Bagaimana komentar anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s