Proyek Selokan di Melolo Tambal Sulam

Melolo, 7 Desember 2015. Proyek selokan daerah irigasi Melolo yang dikerjakan penyedia jasa PT. Arison Karya Sejahtera, bernomor PU.SDA-1.05.01/602/SPK/21/VII/2015 tampak dikerjakan asal-asalan dan hasilnya pun asal jadi. Hasil pekerjaan proyek senilai Rp. 1.658.000.000 tersebut sudah ada yang rusak parah, hanya beberapa hari setelah selesai pengerjaan. Proyek ini disebut Paket Kegiatan Kontruksi Partisipatif Rehabilitas Sedang di Kabupaten Sumba Timur Daerah Irigasi Melolo (1650 HA) dan dilaksanakan dalam jangka waktu 150 hari kalender dengan waktu pemeliharaan 180 hari kalender sejak 14 Juli 2015.

Sejumlah kerusakan yang terjadi pada selokan tersebut diduga kuat diakibatkan kontruksi yang tidak tepat dan hanya tempel atau tambal bagian depannya saja, sehingga daya rekat semennya sangat rendah. Akibatnya pada saat ada tekanan air selokan tersebut runtuh. Hal ini sangat disayangkan karena pekerjaan yang seharusnya membawa manfaat untuk masyarakat, hanya digunakan meraup keuntungan sebesar-besarnya.

Sebuah sumber yang dapat dipertanggungjawabkan menjelaskan bahwa kontraktor proyek Irigasi Melolo berasal dari Sumba Barat dan juga mengerjakan paket proyek Irigasi yaitu Mataiyang di Lewa (melalui perusahaan berbeda) dengan sumber dana sumber dana, dinas, dan PPK yang sama, sehingga patut dicurigai adanya unsur KKN. Di samping itu, kerusakan pada hasil pengerjaan proyek irigasi Melolo, disebabkan pekerjaan tidak sesuai spesifikasi, dimana saluran lama tidak dibongkar dan langsung diplester hingga kelihatan rapi. Bukti kerusakan lapangan dapat dilihat jelas pada pasangan bagian dinding lama dimana plesteran lama hanya ditempel dengan plesteran baru.

Umbu Dangu, Pejabat Pembuat Komitmen Provinsi, saat dihubungi via SMS dan diinformasikan terkait kondisi Proyek Selokan dengan Daerah Irigasi Melolo yang dikerjakan asal-asalan dan asal jadi, menyatakan bahwa tanggal selesai kontrak pelaksanaan adalah 10 Desember 2015, dan akan dilakukan perbaikan akibat limpasan air permukaan atau hujan besar sesaat. Penanganan perbaikan cepat sedang dilakukan.

Apakah penanganan cepat bisa mengatasi masalah mendasar pada proyek ini? MR

Gambar-gambar kerusakan saluran irigasi pada Paket Kegiatan Kontruksi Partisipatif Rehabilitas Sedang di Kabupaten Sumba Timur Daerah Irigasi Melolo

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , . Tandai permalink.

Bagaimana komentar anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s