Oknum KPPS Desa Matawai Atu Larang Wartawan Liput Pemilukada

Melolo, 12 Desember 2015. Pemilu Kepala Daerah yang merupakan bagian dari pesta Demokrasi harusnya transparan dan terbuka untuk umum. Namun di Desa Matawai Atu, Pemilikada justeru menjadi fenomena yang sangat tertutup dan terkesan menyimpan sebuah misteri. Ketua KPPS Desa Matawai Atu, Sri Ratu Nale dan anggota KPPS Nelson R. Lodo, (keduanya merupakan adik kandung dari Kepala Desa Matawai, Atu Soni Tari Nale), melarang wartawan melakukan peliputan terhadap Pemilu Kepala Daerah Sumba Timur.

Menurut Ketua KPPS TPS 1, Sri Ratu Nale, pelarangan tersebut diberlakukan karena adanya intruksi dari ketua PPS lewat HPnya untuk tidak memperbolehkan wartawan melakukan peliputan. Ketika ditanya apakah larangan tersebut tertuang dalam Undang-undang Pilkada 2015, ia mengaku tidak tahu. Hanya karena ada perintah dari Ketua PPS, maka iapun melarangnya.

Nelson R. Lodo, kakak kandung dari Sri Ratu Nale yang juga merupakan anggota KPPS, bersuara lantang dan memukul meja karena tidak senang wartawan melakukan peliputan. Menurutnya, wartawan tidak boleh melakukan peliputan kegiatan pemilu tersebut, karena menurutnya hal tersebut akan mengganggu proses pemilu. Namun ketika ditanya mengganggu dari sisi apa, iapun tidak menjawab.

Soni Tari Nale, Kelapa Desa Matawai Atu yang juga adalah kakak kandung dari Sri Ratu Nale dan Nelson R. Lodo merasa tidak senang kelakuan Sri dan Nelson yang melarang wartawan melakukan peliputan kegiatan pemilu. Menurut Soni, ia juga tidak tahu mengapa kegiatan pemilu tersebut terkesan dirahasiakan.

M, salah serorang tokoh masyarakat yang namanya tidak mau diberitakan, menjelaskan, bahwa wartawan yang dilarang meliput, serta kegiatan penghitungan suara tertutup dalam ruangan tertutup, merupakan salah satu upaya dari pihak tertentu yang berusaha memanipulasi suara, dan kegiatan seperti ini tersistem. Menurutnya TPS yang melakukan kegiatan tertutup seperti ini patut dicurigai. ‘TPS seperti ini perlu segera diperiksa,” lanjutnya. MR

Situasi di TPS 1 Desa Matawai Atu, Sumba Timur

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita, Politik dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Bagaimana komentar anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s