Dampak Bom Brussels

Seorang bocah menyalakan lilin sebagai aksi belasungkawa pada para korban aksi teror bom di depan Place de la Bourse di Brussels, Belgia, 22 Maret 2016. (Carl Court/Getty Images)
Anggota Komite Eksekutif Badan Sepak Bola Eropa (UEFA), Giancarlo Abate, mengusulkan pergelaran Piala Eropa 2016 digelar tanpa kehadiran penonton di stadion setelah aksi teror terjadi di Brussels, Selasa, 22 Maret 2016. Abate mengatakan Piala Eropa harus tetap berjalan, tapi UEFA harus memikirkan opsi menggelar pertandingan tanpa penonton di stadion demi alasan keamanan.

“Piala Eropa 2016 adalah perhelatan yang tak bisa ditunda atau dibatalkan. Tapi kita juga tak bisa mengesampingkan pertandingan dengan pintu tertutup, seperti kita tak bisa mengesampingkan ancaman teroris,” ujarnya.

Selasa kemarin, dua bom meledak di Bandara Zaventem dan stasiun kereta bawah tanah, Brussels, Belgia. Kejadian itu menyebabkan 34 orang tewas dan 250 orang terluka. Ini kedua kalinya aksi teror menerpa Eropa dalam enam bulan terakhir. November tahun lalu, aksi teror menerpa Paris, salah satu kota penyelenggara Piala Eropa 2016 pada Juni-Juli mendatang.

UEFA sendiri akan memperketat keamanan dalam  empat tahunan itu. Mereka akan merekrut 10 ribu tenaga keamanan untuk mengamankan stadion, markas tim, hotel tempat tim menginap, serta pusat pemberitaan.

Namun jumlah aparat keamanan itu diprediksi tak akan cukup karena pihak Prancis memperkirakan sekitar 10 juta orang akan hadir dalam turnamen sepak bola antarbangsa se-Eropa itu. Menteri Dalam Negeri Prancis Bernard Cazeneuve, sebelumnya, juga sempat mengeluarkan ide untuk membatasi pergerakan suporter di sekitar stadion pertandingan.

“Sikap kami adalah tidak menyerah kepada teroris. Piala Eropa akan terus berjalan. Tapi kami harus lebih fleksibel soal zona suporter,” ujarnya.

Sumber-Tempo.co

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita, Luar Negeri, Olahraga. Tandai permalink.

Bagaimana komentar anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s