Sepuluh Berita Ilmu Pengetahuan Teratas Tahun 2016

Melolo, 31 Desember 2016. Pada penghujung tahun 2016, situs berita ilmu pengetahuan RealClearScience menjaring sepuluh berita sains teratas  selama tahun 2016. Sepuluh berita sains teratas yang terjaring adalah:

LIGO Mendeteksi Gelombang Gravitasi

Pada bulan Februari, Laser Interferometer Gravitational-wave Observatory (LIGO) mendeteksi riak kecil dalam susunan ruang-waktu yang diprediksi Einstein lebih dari seabad lampau. Penyebab riak tersebut adalah tabrakan antara dua lubang hitam besar yang massa-nya tiga puluh kali lipat masa matahari pada kecepatan 60% kecepatan cahaya. Kedua lubang hitam tersebut berjarak milyaran tahun cahaya dari bumi, namun dampaknya sedikit terasa di bumi.

Bintang terdekat dengan Tata Surya memiliki planet yang mirip bumi

Pada bulan Agustus, para astronom dari European Southern Observatory mengumumkan bahwa bintang yang terdekat dengan Tata Surya memiliki planet seukuran bumi yang berorbit pada zona layak huni dalam sistem bintang tersebut. Namun demikian, ada kemungkinan bahwa planet tersebut tidak bersahabat dengan kehidupan yang kita kenal di bumi.

Kecerdasan Buatan mengalahkan juara dunia Go

Sebuah program komputer bernama AlphaGo yang dikembangkan Google berhasil mengalahkan Juara Dunia Permainan Go dari Korea Selatan bernama Lee Sedol. Berbeda dari program kecerdasan buatan sebelumnya, AlphaGo dibekali dengan kemampuan untuk  belajar dan dilatih menggunakan ahli permainan Go. Dari 5 pertandingan, AlphaGo memenangkan 4 di antaranya dan 1 lagi dimenangkan Lee Sedol. Diharapkan bahwa satu hari nanti program serupa dapat dilatih untuk menyelesaikan masalah nyata di dunia.

Seorang Bayi dari “Tiga Orang Tua” biologis dilahirkan di Meksiko

Pada bulan April dilahirkan seorang bayi sehat yang berasal dari tiga orang tua, di Mexico. Teknik yang digunakan untuk menghasilkan bayi itu disebut spindle nuclear transfer yang menggabungkan informasi genetik dari  tiga orang. Si ibu telah mengalami keguguran sebanyak empat kali akibat kelainan genetis pada DNA mitokondria-nya. Inti sel telurnya dipindahkan ke dalam sel telur donor yang DNA mitokondria-nya sehat. Sel telur itu kemudian dibuahi oleh sperma suaminya dan hasil pembuahan dimasukkan kembali ke dalam rahimnya. Hasil pembuahan tersebut kemudian tumbuh menjadi bayi yang sehat. Teknik ini dapat digunakan untuk membantu ibu yang tidak dapat melahirkan akibat kelainan genetis.

Virus Zika menyebar di Benua Amerika

Tahun ini virus Zika yang menyebar melalui nyamuk tersebar di Benua Amerika dan mencapai status epidemi. Walaupun gangguan yang diakibatkan virus ini tidak merenggut nyawa, namun mengakibatkan cacat cacat otak jabang bayi. Pada bulan November, Organisasi Kesehatan Sedunia menyatakan bahwa epidemi Zika telah diatasi namun menegaskan bahwa virus ini masih dapat menyerang. Saat ini para peneliti bekerja keras untuk menciptakan vaksin yang efektif.

Pertama kali teknik penyuntingan genetik diterapkan pada manusia

Pada bulan Oktober seorang ilmuwan Cina memasukkan sel yang susuan genetikanya telah dimodifikasi ke dalam pasien kanker ganas paru-paru dengan harapan sel tersebut akan menghancurkan sel kanker. Hasil dari upaya ini belum diumumkan.

Tata Surya kemungkinan memiliki planet kesembilan

Pada tahun 2005, Pluto dikeluarkan dari daftar 9 planet di Tata Surya. Saat ini ada kemungkinan planet ke-9 yang menggantikan tempat Pluto. Menurut berita dari para astronom di Caltech, ada petunjuk bahwa sebuah planet yang seukuran dengan Neptunus mengelilingi matahari setiap 15.000 tahun. Namun para astronom masih perlu mendeteksi planet tersebut secara langsung.

Manusia purba menyebar

Sejumlah studi yang diterbitkan tahun ini menunjukkan bahwa proses migrasi manusia dari Afrika merupakan sebuah proses rumit, di mana berbagai kelompok manusia meninggalkan Afrika beberapa kali dan menyebar ke berbagai lokasi.

Ekor Dinosaurus ditemukan terbungkus dalam Amber

Amber atau fosil resin pohon pada jaman purba dapat dipandang sebagai kamera alam, mengawetkan bagian makhluk hidup yang telah berumur jutaan tahun dalam keadaan yang mendekati asli. Tahun ini para pakar paleontologi menemukan ekor dinosaurus yang awet dalam sebuah amber. Ekor tersebut diperkirakan berumur 99 juta tahun!

Es Samudera Arktik mencapai titik terendah sepanjang masa

Tebal lapisan es samudera secara global dilaporkan mengalami penurunan drastis dan mencapai titik terendah dalam beberapa dekade terakhir. Yang dianggap sebagai penyebab adalah cuaca yang tidak menentu. Namun Michael Le Page mengungkapkan melalui New Scientist, bahwa “kejadian ini hanya dapat terjadi karena planet bumi sudah jauh lebih panas dibanding jaman pra-industri.” (DAD)

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita, Sains dan Teknologi. Tandai permalink.

Bagaimana komentar anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s