Hasil Penelitian Ditarik Karena Ketidakjujuran Ilmiah

Melolo, 6 Mei 2017. Jurnal ilmu pengetahuan ternama, Nature , mengeluarkan berita bahwa dua orang ilmuwan harus menarik kembali penelitiannya karena ‘ketidakjujuran ilmiah’ serta ada kemungkinan bahwa penelitian yang dilaporkan ‘tidak dilakukan’.

Pakar limnology (ilmu tentang perairan darat) Peter Eklöv dan pakar biologi kelautan Oona Lönnstedt dari Universitas Uppsala Swedia membela diri atas tuduhan terhadap penelitian yang mereka lakukan. Namun menurut tim Nature, Eklöv dan Lönnstedt mengatakan bahwa mereka memutuskan untuk menarik kembali laporan penelitiannya yang telah terbit.

Penelitian yang dilakukan Eklöv dan Lönnstedt tersebut terkait dengan pengaruh mikro plastik yang dimakan ikan yang memakanya. Dari penelitiannya Eklöv dan Lönnstedt menyimpulkan bahwa pertumbuhan ikan yang memakan mikroplastik lebih lambat dan ikan tersebut lebih berpeluang dimakan pemangsa.

Beberapa ilmuwan yang bekerja pada stasiun yang sama di Lautan Baltik menyatakan bahwa terdapat kesenjangan dalam penelitian tersebut dan laporan saksi mata tentang penelitian yang dilakukan.

Universitas Uppsala tempat keduanya bekerja melakukan investigasi terhadap hal itu dan tidak menemukan adanya pelanggaran. Tetapi pada penelitian dari kelompok Badan Penilaian Etik Swedia ditugaskan melakukan penyelidikan serta menyimpulkan bahwa laporan penelitian harus ditarik.

Panel ahli melaporkan bahwa jawaban yang diberikan kedua peneliti terhadap pertanyaan yang diajukan tidak memadai dan kadang-kadang saling bertentangan satu dengan yang lain, serta memunculkan pertanyaan lebih lanjut.  Panel menemukan bahwa penegasan kedua peneliti bahwa mereka telah mendapat persetujuan dari komite etik tidak benar, sehingga mereka tidak jujur.

Kedua peneliti juga tidak dapat menunjukkan data asli dengan alasan komputer rusak dan back up data yang tidak berjalan baik.

Sementara itu, pihak Universitas Uppsala menyatakan akan mempertimbangkan hasil kerja panel ahli sebelum mengambil tindakan terhadap kedua peneliti. DAD

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Sains dan Teknologi. Tandai permalink.

Bagaimana komentar anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s