Kecerdasan Buatan bukan Lawan, Tapi Kawan

Melolo, 6 Juni 2017. Dalam hubungan dengan teknologi, tema yang menguasai pemikiran dan perbincangan antar manusia adalah manusia lawan teknologi. Bahkan salah seorang ahli yang dikatakan memiliki kecerdasan tertinggi di dunia memperingatkan bahwa kecerdasan buatan (dikenal dengan AI atau Artificial Intelligence, misalnya robot yang dilengkapi komputer yang mengatur tidak-tanduknya, atau mobil dan truk yang menjalankan diri sendiri dengan bantuan program komputer) bisa menjadi kiamat buat umat manusia. Mesin dapat menguasai kita. Demikian pula, banyak film-film yang temanya adalah kompetisi antara mesin dan manusia.

Namun demikian, seorang juara dunia catur terkenal yang pernah dikalahkan dan mengalahkan program catur terbaik pada jamannya, Garry Kasparov, dalam kuliah TEDnya memberikan perspektif yang lain. Ia mengungkapkan pengalamannya pada tahun 2005 dimana diadakan pertandingan antara Grand Master catur dengan peringkat tertinggi dan komputer dengan kemampuan terbaik (super komputer). Namun yang menjadi pemenang bukan super komputer atau grand master catur terbaik, tetapi pemain catur amatir yang bermain menggunakan perangkat lunak dari tiga komputer biasa. Ia juga mengangkat pengalaman menggunakan mesin penerjemah yang tidak sempurna, tetapi sangat membantu dalam penerjemahan. Dari pengalaman-pengalaman tersebut Kasparov percaya bahwa tema hubungan antara manusia dan mesin sebenarnya bukan pertentangan, tetapi ‘kerja sama.

Senada dengan Kasparov, Steve Fuller, seorang pakar sosiologi dan filsafat mengatakan bahwa manusia tidak akan bersaing dengan Kecerdasan Buatan, tetapi keduanya akan bergabung. Ia membantah pandangan Stephen Hawking dengan mengambil contoh Hawking sendiri yang walaupun sudah lumpuh dan tidak mampu berbicara, namun dengan bantuan komputer masih dapat berbicara dan berkarya. DAD

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita, Sains dan Teknologi dan tag , , , , . Tandai permalink.

Bagaimana komentar anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s