Pembunuh Sel Kanker Paling Efektif Ada Dalam Tubuh

Melolo, 2 Januari 2019. Kanker merupakan salah satu penyakit yang sampai saat ini pengobatan efektifnya masih belum ditemukan. Penyakit ini diakibatkan karena sel tubuh yang mengalami mutasi menjadi sel kanker. Teknik-teknik pengobatan berupaya membunuh sel kanker dalam tubuh sehingga tidak menyebar dan mengambil alih seluruh tubuh.

Salah satu upaya membunuh sel kanker adalah dengan menggunakan kemoterapi dimana bahan kimia dimasukkan ke dalam tubuh untuk merangsang terbunuhnya sel-sel kanker. Kemoterapi sendiri tidaklah terlalu aman karena memiliki beberapa efek samping seperti mendorong terjadinya kanker sekunder akibat perubahan yang diakibatkannya pada genom.

Namun demikian, sejumlah ilmuwan dari Northwestern University, Amerika Serikat yang dipimpin oleh Marcus E. Peter mengungkap bahwa sebenarnya dalam setiap sel tubuh sudah ada kode dalam bahan genetik (RNA) yang kalau diaktifkan atau dilepaskan akan membunuh sel kanker.

Marcus dkk menemukan bahwa sel tubuh tidak bisa resisten terhadap bahan RNA tersebut. Ia menggambarkan hal ini seperti seorang yang membunuh diri dengan menancapkan pisau berkali-kali ke tubuhnya.

Dengan penemuan ini, para ilmuwan dapat merancang RNA buatan yang kemampuannya membunuh sel kanker berkali-kali lipat dari RNA yang sudah berada dalam tubuh.

Saat ini, Marcus dan tim sedang menjajagi berbagai cara untuk mengaktifkan kode pembunuh sel kanker yang sudah ada dalam sel. Ia menambahkan bahwa butuh penelitian bertahun-tahun untuk menerapkan pengetahuan ini menjadi sebuah metode pengobatan. DAD

Iklan

Bagaimana komentar anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s