Amburadul! Data Kesehatan di NTT yang Dapat Diakses Publik

Amburadul! Data Kesehatan di NTT yang Dapat Diakses Publik

Melolo, 06 Juni 2021. Data kesehatan di NTT amburadul. Itulah kesan yang diperoleh kalau memperhatikan data kesehatan di NTT yang tersedia dan dapat diakses publik dari situs-situs dinas-dinas kesehatan di Provinsi NTT.

Bidang Kesehatan dalam pembangunan selalu menjadi prioritas, baik nasional maupun daerah (Provinsi dan Kabupaten), karena sumbangannya yang besar terhadap pengembangan SDM. Dalam perhitungan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Kesehatan memberi sumbangan yang cukup signifikan. Kesehatan merupakan satu dari tiga dimensi yang diukur dalam perhitungan IPM.

Pemerintah Pusat menetapkan indikator-indikator yang mengukur keberhasilan atau kegagalan pembangunan kesehatan di Indonesia. Indikator-indikator tersebut memerlukan data-data agar mencapai tujuannya untuk pengukuran kinerja pembangunan.

Bagaimana keadaan data Kesehatan NTT saat ini?

Kekurangan Data Terpublikasi Online

Penelusuran online media ini menunjukkan bahwa sebagian besar kabupaten di NTT tidak memiliki situs resmi. Beberapa data memang terpublikasi pada situs resmi Pemda terkait tetapi data tersebut tidak dapat dikatakan lengkap serta tidak termutakhir. Bahkan ada situs-situs Pemda yang menampilkan data Kesehatan tahun 2012

Dinas Kesehatan Provinsi NTT terpantau memiliki situs resmi yang berdiri sendiri dan mempublikasikan beberapa data. Namun data profil kesehatan terakhir yang terpantau adalah profil kesehatan tahun 2018. Artinya data yang ditampilkan adalah data untuk pencapaian tahun 2017. Hal yang sama terjadi pada Dinas Kesehatan Kota Kupang.

Penelusuran data kesehatan NTT yang dipublikasi Kementerian Kesehatan pun memberi hasil yang sama. Data terakhir dari NTT yang dipublikasi di Situs Pusdatin adalah data yang dihasilkan tahun 2012, atau data capaian tahun 2011.

Ketidakpahaman Tentang Indikator?

Fenomena lain yang menarik untuk disimak adalah indikasi ketidak-pahaman tentang indikator kesehatan. Berdasarkan postingan salah satu Page di Medsos, media ini melakukan penelusuran terhadap salah satu mata data yang dipublikasi Dinas Kesehatan Provinsi NTT (http://nttprov.go.id/2018/index.php/kondisi-umum/kesehatan).

Tautan di atas berbicara tentang Angka Kematian Ibu dan Bayi. Namun yang disajikan adalah Jumlah Kematian Ibu dan Bayi. Berdasarkan video pelatihan petugas kesehatan yang disajikan pada Page Medsos tersebut, Angka dan Jumlah adalah dua indikator berbeda yang tidak dapat dicampuradukkan.

Namun tidak diketahui apakah masalah data kesehatan NTT tersebut merupakan cerminan dari keadaan sebenarnya atau hanyalah ketidakteraturan dan ketiadaan data terpublikasi. M. SP

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *