14 Januari, Hari Logika Sedunia

14 Januari, Hari Logika Sedunia

Logo Hari Logika Sedunia

Melolo, 07 Juni 2021. Lembaga PBB yang mengurus Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan atau yang dikenal dengan UNESCO, telah menetapkan tanggal 14 Januari sebagai Hari Logika Sedunia. Penetapan tentang Peringatan Hari Logika Sedunia diumumkan pada tanggal 13 November 2019.

Sebelas bulan sebelum pengumuman, yaitu pada tanggal 14 Januari 2019, sudah dirayakan Hari Logika Sedunia yang pertama. Perayaan pertama tersebut merupakan inisiatif perguruan-perguruan tinggi, lembaga penelitian, yayasan dan perhimpunan yang aktif dalam bidang matematika, filsafat, ilmu komputer, keteknikan, ekonomi dan ilmu-ilmu kognitif.

Dasar Penetapan

Adapun alasan Penetapan Hari Logika Sedunia yang dikemukakan UNESCO dalam Surat Keputusannya antara lain: manusia merupakan makhluk yang berpikir dan sejak awal perkembangannya logika telah memberi sumbangan besar dalam pengembangan filsafat dan ilmu pengetahuan. Alasan kedua adalah, walaupun sumbangsih logika dalam pengetahuan secara umum, sains, dan teknologi tidak dapat tak dapat disangkal, tingkat kesadaran masyarakat umum tentang pentingnya logika masih rendah. Alasan ketiga adalah dengan adanya Hari Logika Sedunia juga dapat menyumbang kepada upaya mempromosikan budaya perdamaian, dialog, dan pemahaman bersama berdasarkan kemajuan dalam bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Dirayakan di Banyak Negara

Informasi yang diperoleh dari Situs Peringatan Hari Logika Sedunia menyatakan Hari Logika Sedunia yang ke-2 tahun 2020 telah dirayakan di 35 negara di berbagai benua. Negara-negara yang merayakan sejauh ini didominasi oleh negara-negara di Benua Eropa (22 negara), diikuti Asia (5 negara), Amerika Selatan (4 negara), Amerika Utara (3 negara), dan Afrika (1 negara).

Adapun negara-negara Eropa yang merayakan adalah Polandia, Rusia, Turki, Vatikan, Hongaria, Tunisia, Bulgaria, Kroasia, Italia, Yunani, Jerman, Portugal, Spanyol, Prancis, Belgia, Denmark, Cekoslovakia, Khazakstan, Moldova, Rumania, Inggris, dan Ukraina.

Di Benua Asia, negara-negara yang merayakan adalah India, Iran, Cina, Taiwan, Arab Saudi. Di Amerika Selatan Brazil, Cile, Columbia, dan Peru ikut merayakan dan di Amerika Utara negara yang merayakan adalah Amerika Serikat, Mexico, Kanada. Sedangkan dari Benua Afrika hanya ada 1 negara yang merayakan, yaitu Maroko.

Apakah kita di Indonesia, lebih khususnya di Sumba akan merayakan Hari Logika Sedunia atau minimal menganggap logika juga penting? M. SP

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *