SETUJU DAN SEPAKAT

Sumba Pembaharuan   |   Dunia Kristen  |   Kamis, 12 Oktober 2023 - 17:11:07 WIB   |  dibaca: 156 kali
SETUJU DAN SEPAKAT

Ilustrasi

Setuju dan Sepakat

Yehezkiel 33:21-33

Tidak mudah untuk mengutarakan kebenaran. Orang bisa setuju, tetapi belum tentu mereka sepakat. Yehezkiel diperintahkan Tuhan untuk membisu sampai pada momen ketika Yerusalem jatuh. Saat itulah Yehezkiel dapat membuka mulutnya karena umat sudah dapat mengerti maksud nubuatan dari sang nabi.

Berita kejatuhan Yerusalem menggenapi nubuatan Nabi Yehezkiel, dan saat itulah ia tahu bahwa ia harus menyampaikan firman Allah (21-22; bdk. 24:25-27).

Yeheziel juga mendengar kebebalan hati beberapa orang yang berusaha menguasai tanah yang bukan hak mereka (23-24). Maka Tuhan menegur melalui Yehezkiel dengan mengingatkan mereka akan apa yang terjadi dengan kejatuhan Yerusalem (25-26), yaitu bahwa Allah akan menghakimi mereka! (27-29).

Tuhan juga mengingatkan mereka yang menyetujui peringatan Tuhan, tetapi tidak sepakat dengan panggilan Tuhan (30). Kepentingan mereka lebih utama daripada firman Tuhan, maka mereka tidak menaati Tuhan (31-32), sampai mereka melihatnya sendiri (33).

Tidak mudah untuk meyakinkan seseorang tentang kebenaran firman Tuhan.

Mereka perlu menundukkan diri di bawah kedaulatan kuasa Tuhan, dan diajar untuk melihat bagaimana Tuhan berkarya dalam setiap detik kehidupan manusia.

Sebagai umat Allah, kita perlu mengenali identitas kita sebagai makhluk yang dicipta menurut gambar dan rupa Allah, yang mana Allah merancang manusia untuk menghadirkan teladan kebenaran Kristus dalam keseharian (lih. Kej. 1:26-27; Rm. 8:29-30). Kebenaran firman Allah mengajar kita untuk melihat waktu kehidupan sebagai bagian dari cara

Allah membentuk umat-Nya, menjadikan umat Allah sebagai saksi kebenaran dan kebesaran Allah.

Persetujuan dan kesepakatan atas kebenaran yang datang dari Allah adalah titik awal di mana manusia dapat kembali kepada kesuciannya yang asli, yaitu hakikatnya yang seturut dengan panggilan penciptaan-Nya. Di luar Tuhan, manusia tidak dapat mencapai panggilan hidupnya dengan sempurna. [IBS]

 

 

 

Profil Sumba Pembaharuan

Sumba Pembaharuan

hi ....

Web Master dari Erdo.wgp@gmail.com

Jl. H. R. Horo 22 Matawai Waingapu Sumba Timur NTT

Hubungi kami di 0823 4014 5111


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook