Siswa tidak lulus diimbau ikut ujian kesetaraan

Sumba Pembaharuan   |   Pendidikan  |   Jumat, 25 Mei 2012 - 10:25:23 WIB   |  dibaca: 551 kali
Siswa tidak lulus diimbau ikut ujian kesetaraan

Siswa tidak lulus diimbau ikut ujian kesetaraan

GlobalNews - Palangka Raya  Siswa yang tidak lulus Ujian Nasional (UN) jenjang SD hingga SMA sederajat diimbau bisa mengikuti ujian paket atau kesetaraan.

"Kami menyarankan agar anak yang gagal menempuh ujian akhir dapat ikut ujian paket sehingga bisa memperoleh ijazah dan melanjutkan sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Palangka Raya Ikhwanuddin, Selasa.

Untuk itu, dia meminta kepada pihak sekolah agar lebih berperan aktif menyampaikan informasi pelaksanaan ujian paket terhadap siswa yang tidak lulus karena tidak semua anak mau ikut apalagi masih sedih akibat kegagalannya.

Kendati masih belum ada jadwal pasti penyelenggaraan ujian paket, namun tidak ada salahnya jauh hari sebelumnya guru bisa memberikan pengertian kepada siswa agar dapat memahami.

Ini perlu dilakukan, karena dikhawatirkan banyak pelajar yang tidak lulus, tidak akan mau mengikuti ujian paket lantaran malu dan tidak mengerti, keuntungan yang didapat kalau ikut ujian kesetaraan ini.

"Pemahaman ini yang harus kita berikan kepada anak, bagaimanapun juga ujian paket bisa membantu mereka mendapat ijazah kalau tidak mau mengulang setahun lagi," tuturnya.

Memang tidak dipungkirinya terkadang pelajar bahkan sebagian masyarakat masih memandang remeh dengan adanya ujian paket, namun seiring waktu karena dari tahun ke tahun pemerintah selalu melakukan perbaikan, anggapan miring semakin berkurang.

Apalagi saat ini, ijazah ujian paket yang dikeluarkan, tidak ada perbedaan dengan ijazah sekolah formal pada umumnya.

Dengan ijazah ujian paket, banyak masyarakat yang terbantu karena bisa meneruskan pendidikan dan melamar kerjaan baik instansi swasta maupun pemerintahan.

Ia berharap, bagi pelajar yang tidak lulus pada saat pengumuman nanti, jangan merasa minder untuk ikut ujian paket dan mencari informasi terkait pelaksanaan baik kepada sekolah maupun ke dinas pendidikan setempat.

(KR-TVA/S023)

Editor: Tasrief Tarmizi

Profil Sumba Pembaharuan

Sumba Pembaharuan

hi ....

Web Master dari Erdo.wgp@gmail.com

Jl. H. R. Horo 22 Matawai Waingapu Sumba Timur NTT

Hubungi kami di 0823 4014 5111


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook