Aksi Sapta Pesona dan Bersih Bersih di Golo Curu Ruteng

Sumba Pembaharuan   |   Wisata  |   Jumat, 29 Juni 2018 - 19:38:20 WIB   |  dibaca: 1647 kali
Aksi Sapta Pesona dan Bersih Bersih di Golo Curu Ruteng

Ruteng. Golo Curu berada di bibir kota dingin Ruteng tepatnya di wilayah Kelurahan Karot, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai. Di tempat ini terdapat patung Bunda Maria yang menjadi tempat doa yang kondusif bagi orang-orang Katolik.

Kementerian Pariwisata melalui Dinas Pariwisata Propinsi NTT bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai melaksanakan kegiatan Aksi Sapta Pesona dan Bersih Bersih di Golo Curu Ruteng NTT, Kamis, 28/6/2018.

“ Kegiatan ini adalah salah satu kebijakan strategis nasional untuk mempercepat pembangunan dalam sektor pariwisata. Sehingga dalam hal percepatannya di perlukan langkah yang sangat strategis, untuk tercapai pemberdayaan masyarakat yang kuat di seluruh wilayah kawasan pariwisata”. Demikian Winda dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dalam sambutannya.

Lebih lanjut dikatakannya “ Kegiatan ini, dilaksanakan sebagai salah satu dari program sadar wisata dengan berpegangan pada sapta pesona. Bersih bersih-bersih tempat ini dapat memberikan kesadaran bagi masyarakat dalam menumbuh kembangkan kawasan pariwisata. Sehingga, dapat bermanfaat bagi masyarakat luas dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat “ katanya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Pariwisata NTT Marius Jelamu dalam Sambutan sekaligus membuka kegiatan itu menyatakan;

“ Pembangunan kepariwisataan yang dilaksanakan Kementerian Pariwisata 2018, salah satunya difokuskan pada  Penguatan Destinasi Destinasi pariwisata secara nyata dengan cara memberdayakan serta melibatkan seluruh unsur yang terlibat secara aktif dan langsung guna mempertahankan keaslian, keutuhan daya tarik dari destinasi wisata dengan cara mengimplementasikan butir butir Sapta Pesona yaitu, Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah dan Kenangan” katanya.

Kadis Jelamu berharap;  Pembangunan dan pengembangan destinasi pariwisata haruslah dimulai dari menumbuhkan rasa memiliki serta menimbulkan hak dan kewajiban masyarakat dalam upayanya menciptakan lingkungan yang mendukung dengan suasana yang kondusif agar mampu mendorong tumbuh berkembangnya industri pariwisata melalui unsur unsur yang terpatri dalam sapta pesona”, harapnya.
Sementara itu Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Frumentius L.T.K Do, menginformasi tentang 10 destinasi wisata andalan Kabupaten Manggarai yaitu, Wae Rebo, Kampung Adat Todo, Sawah Lodok Cancar, Tambak Dalo, Liang Bua, Air terjun Cunca Lega, Air terjun Tengku Siwa, Kampung Ruteng Pu’u.
Kecuali itu, Kadis Mensi begitu disapanya mengatakan pembangunan pariwisata merupakan pembangunan lintas sektoral. Sehingga suksesnya wisata sangat di tentukan oleh dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh SKPD dan semua masyarakat. Akan halnya dukungan masyarakat.

“ Masyarakat yang konsen dalam merawat sapta pesona ialah  kelompok sadar wisata (Pokdarwis) sebab  memiliki peran serta aktif dalam memelihara dan melestarikan objek wisata, serta pembangunan objek wisata daerah. Kita harus dapat menciptakan lingkungan yang bersih untuk kegiatan kepariwisataan dan mampu memberikan layanan yang higienis bagi wisatawan,” tuturnya.
Aksi Sapta Pesona dan Bersih Bersih di Golo Curu sepanjang hari kamis itu dihadiri oleh semua pegawai Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai, Kelompok Sadar Wisata (Darwis) Kelurahan Karot yang dipimpin oleh Pit Mitak, Organisasi Muda Katolik Paroki Fransiskus Asisi Karot dan sanggar seni Wela Kaweng Ruteng. ** W.G.

Profil Sumba Pembaharuan

Sumba Pembaharuan

hi ....

Web Master dari Erdo.wgp@gmail.com

Jl. H. R. Horo 22 Matawai Waingapu Sumba Timur NTT

Hubungi kami di 0823 4014 5111


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook